cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX" : 6 Documents clear
CARA SEDERHANA MELAKUKAN SENAM AGAR BADAN TETAP SEGAR Sardjono, Sardjono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.859 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7415

Abstract

Pada setiap hari Jumat pagi yang ditetapkan sebagai hari Krida, semua pegawai negeri diwajibkan melakukan Senam Kesegaran Jasmani, dengan maksuduntuk meningkatkan kesegaran jasmani. Sementara orang berpendapat bahwa dengan melakukan Senam Kesegaran Jasmani setiap hari Krida, meskipun seminggu hanya sekali, maka akan dapat meningkatkan kesegaran jasmani. Bahkan ada yang berpendapat, meskipun ·dalam melakukan Senam Kesegaran Jasmani seenaknya saja, sudah pasti dapat meningkatk~n kesegaran jasmani. Namun sementara orang berpendapat lain, bahwa untuk dapat meningkatkan kesegaran jasmani, maka orahg harus melakukan aktivitas jasmani setiap h3:ri secara teratur, setiap kali melakukan latihan dalam waktu yang lama, dan dilakukan dengan sungguhsungguh dan penuh semangat. Mereka berpendapat bahwa jika melakukan Senam Kesegaran Jasmani hanya sekali seminggu, tidak akan membebani kerja jantung, yang berarti tidak dapat untuk meningkatkan kesegaran jasmani. Yang terang berhasil dengan adanya hari Krida ini adalah usaha untuk mengolahragakan masyarakat, di mana sementara baru masyarakat pegawai negeri. Dengan adanya hari Krida itu orang telah merasakan manfaat senam Kesegaran Jasmani bagi peningkatan kesegaran jasmani, meskipun secara ilmiah belum diadakan penelitian.
PERANAN PENDIDIKAN SEJARA'H .PERJUANGAN BANGSA DALAM PROSES SOSIALISASI NILAI-NILAI DAN KEPRIBADIAN BANGSA A. Daliman
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1172.541 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7417

Abstract

Pendidikan Nasional merupakan usaha dasar nntuk menjamin kelestarian dankelangsungan hidup bangsa. Oleh sebab itu Pendidikan Nasional harus menjangkau jauh ke depan.Dalam hubungan ini program Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa memiliki pet-anan yang strategis. Keberhasilan program Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa dalam menanamkan, mengembangkan dan melestarikan jiwa, semangat dannilai-nilai 1945 akan sangat menentukan bentuk dan corak kepribadian bangsa kita dan pada gilirannyaakan memperkokoh eksistensi bangsa dan Negara kita. Untuk itu perlu. diambillangkah-Iangkah sistematik untuk mensosialisasikan jiwa semangat dan nilai-nilai 1945 kepada generasi muda.
SEJARAH PENDIDIKAN SAINS DAN IMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN KONSEP BELAJAR-MENGAJAR IPA Djohar Djohar
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1134.249 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7412

Abstract

Pergeseran sejarah Pendidikan Sains di negara maju dapat digunakan sebagai bahan kajian dalam mengembangkan konsep belajar-mengajar IPA. Melalui kajian tersebut dapat diperoleh kejelasan tentang proses belajar-mengajar IPA, antara lain dalam hal berikut: 1. Faktor. yang paling esensial perlu diperhatikan dalam kegiatan belajar-mengajar IPA. 2. Faktor yang perlu dilengkapi, sehingga kegiatan belajar IPA menjadi lebih fungsional, dalam arti: a. memberi dasar pengetahuan siswa b. memberi dasar ketrampilan siswa c. memberi dasar kemampuan dan tuntutan minat, kebutuhan, serta perkembangan siswa.
PENGEMBANGAN ILMU DAN TEKNOLOGI KEPENDIDIKAN SERTA IMPLIKASI KELEMBAGAANNYA DALAM USAHA MENUNJANG PROFESIONALISASI JABATAN GURU Sukamto Sukamto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1346.1 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7418

Abstract

Ada dua faktor pendorong utama yang mendasari tulisan ini. Pertama, keinginan untuk menunjukkan sikap responsif dari sistem pendidikan pada umumnya dan lembaga pendidikan guru pada khususnya terhadap situasi konteks yang senantiasa berubah. Sejalan dengan pesatnya perkembangan di rnasyarakat, kebutuhan akan jasa pendidikan pun selalu berkembang, yang ini memerlukan peninjauan dan penyesuaian secara berkala tentan.g peran guru maupun lembaga pendidikan yang menghasilkannya. Kedua, ibarat orang berpacu, ingin rnengambil jarak dan menilai situasi secara keseluruhan, untuk kemudian rneneruskan pacuan dengan suatu strategi yang lebih mantap.Salah satu perrnasalahan pokok dunia pendidikan guru dewasa ini rnenyangkut pengernbangan ilrnu dan teknologi kependldikan serta irnplikasi kelernbagaannya dalarn sistem pengadaan dan pengembangan tenaga kependidikan. Hal ini kernudian akan dijabarkan lebih lanjut menjadi tiga dimensi, yaitu (1) dampak perkernbangan ilmu dan teknologi terhadap rnasalah kependidikan dan pengernbangan tenaga kependidikan, (2) peran SPPTK dalam pengernbangan ilmu dan teknologi, dan (3) pengembangan ilmu dan teknologi kependidikan serta pelembagaannya. Ketiga hal tersebut di atas mempunyai kaitan lineair satu dengan yang lain, sehingga pernbahasannyapun tidak dapat dipisahkan satu sarna lain.Tulisan ini berusaha menginventarisasi permasalahan yang muncul dalam tiga pokok bahasan tersebut di atas dengan mengutarakan latar belakang dan .mernbandingkan antara kondisi yang ada sekarang dengan keadaan yang diinginkan. Alternatif pemecahanmasalah yang akan dikemukakan kemudian serta implikasi kelembagaan yang menjadi konsekuensinya dianalisis dengan titik berat pada usaha menunjang professionalisasi jabatanguru yang menjadi tema forum diskusi ini.
MEMACU PELAKSAN·AAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) MELALUI PELAYA,NAN SUPERVISI Suharsimi Arikunto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7414

Abstract

Dalam transformasi pendidikan dan pengajaran, metode meng· ajar merupakan salah satu komponen penting yang tergolong dalam kategori masukan instrumental di samping kurikulum, guru, dan sarana. Usaha-usaha yang dilakukan oleh para pendidik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada umumnya diarahkan pada komponen-komponen tersebut secara langsung, yaitu dalam bentuk memperbaiki pendekatan, metode mengajar, melengkapi sarana, dan sebagainya.Upaya peningkatan pend,ekatan atau metode mengajar yang dilakukan telah dikaitkan dengan peningkatan k,eterlibatan siswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) yang merupakan salah satu bentuk pembaharuan pendidikan dalam pendekatan. Walaupun, pelaksanaannya memakan waktu cukup lama, cara tersebut telah disadari perlunya, kemudian diterima oleh para guru sebagai suatu cara untuk meningkatkan kualitas perolehan siswa.Dalam keseluruhan sistem pendidikan, supervisi merupakan bantuan bagi guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya seperti dikatakan oleh Kimball Wiles "supervision is assistance"in the development of a botter teaching-learning situation" (1, 1956:8). Demikiamah dalam tulisan ini akan disajikan sebuah uraian mengenai keterlibatan supervisi untuk menunjang pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif, satu bentuk uji coba yang dilakukan oleh Balitbang Dikbuddi kabupaten Cianjur bagi pendidikan dasar pacta tahun 1979.
PLEONASME PEMBOROSAN DALAM TINDAK BERBAHASA Zamzani Zamzani
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.7416

Abstract

Bila dilihat sepintas lalu, judul di atas seolah-olah merupakan suatu vonis atau penghakiman bahwa pleonasme merupakan bentuk pemborosan dalam tindak berbahasa secara urnum. Penulis saran sekali tidak ingin menyatakan demikian. Sebenarnya penulis justru merasakan adanya suatu tanda tanya apakah secara umum pleonasme dapat dikatakan sebagai suatu bentuk pemborosan dalam tindak berbahasa, ataukah dalam kesempatan tertentu dapat dianggap sebagai suatu bentuk penggunaan bahasa yang efektif dan efisien.Pertanyaan tersebut timbul dalam benak.penulis, karena dalam kenyataan tindak berbahasa dijumpai bermacam-macam variasi. Variasi ini dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor di luar konteks lingual yang menuntut seseorang melakukan tindak berbahasa dengan gaya dan cara penampilan khusus. Misalnya, situasi pembicaraan, materi yang dibicarakan, hubungan antar partisipan (dalam pembicaraan), media yang digunakan, tempat, waktu, latar belakang sosial, latar belakang pendidikan, kepribadian partisipannya dan sebagainya. Timbulnya variasi bahasa yang muneul dalam bentuk ragam bahasa, dialek sosial, dialek regional (geografis), dialek temporal ini (Kridalaksana. 1975: 9) merupakan refleksi adanya kekuatan sentrifugal yang menandai suatu bahasa masih hidup.Jawaban terhadap pertanyaan tersebut cukup mudah diberikan bila hanya ingin pernyataan ya atau tidak. Ya atau tidak sebenarnya tidaklah begitu penting. Yang penting adalah mengapa ya dan mengapa tidak, kapan ya dan kapan .tidak, kapan dianjurkan (baca:diizinkan) dan kapan pula dikecam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

1985 1985


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue